sebuah pertanyaan yang masih sulit ya kenapa dan mengapa???...
banyak cerita yang mengisahkan, dalam Al Qur'an pun telah dituliskan tapi belum cukup puas atas segala itu, masih berusaha mencari dan merenung untuk mengetahui jawab nya.
"rasulullah ketika ditanya sahabat, “siapa yang harus kau hormati?” jawab rasul ” ibumu” “lalu siapa lagi?, jawab rasul “ibumu”,”lalu siapa lagi?, jawab rasul “ibumu”,”kemudian siapa lagi?”jawab rasul ” ayahmu”
menunjukan kalau yang pertama harus dihormati adalah orang tua…
akan sedikit menelaah ayat 14 dan 15 dari surat Luqman. Kedua ayat ini berisi adab kita kepada kedua orang tua kita.

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."


mungkin ini suatu jawaban yang mungin aku anggap pas untuk itu, dan mungin pula ini secuil dari sekian banyak rahasia yang baru aku ketahui, mengapa untuk ibu harus tiga kali dan ayah hanya sekali. menurutku bukan karena drajat Ibu lebih tinggi dari Bapak, atau kasih sanyang ibu yang besar em... juga bukan. ya...tidak bisa kita punkiri memang ibu kita ada 3.
1. Ibu Telur ( Ibu yang menghasilan telur atau ovum )pertama.
2. Ibu Kandung ( Ibu yang mengandung telur yang sudah dibuahi )kedua.
3. Ibu Susu ( Ibu yang merawat sejak kelahiran kita di dunia dan menyusui )ketiga.
sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, semua itu sangat mungkin bisa dilakukan. kita ambil telur dari ibu yang petama, terus di buahi di luar kandungan setelah terbuahi di masukan ke rahim ibu ke dua, dan jika berhasil di tunggu kurang lebih 9 bln 10 hari, setelah lahir kita susukan ke ibu yang ketiga. yah... selesai. jadi gimana peran bapak.... tentu taman-teman dah pada tau. dilihat dari proses nya aja emang kita harus lebih+++ menghormati ibu khan. kan peran bapak cuma sekali di dalam proses tersebut.
Mahram karena sepersusuan: saudara sesusu, bapak dari ibu yang menyusui, saudara dari ibu yang menyusui, anak dari ibu yang menyusui. perlu juga diketahui disini susuan yang dimaksud adalah susuan yang diberikan ketika masih bayi (dalam usia susuan atu kurang dari dua tahun) dan mengenyangkan bayi yang disusui itu dan para ulama mengatakan minimal 5 kali susuan. jadi tidak dianggap mahram karena sebab susuan jika menyusunya sudah dewasa walaupun sampai kenyang.
tapi gimana kalu ibu yang ke tiga di gantikan dengan sapi (susu sapi) kan banyak sekarang para ibu yang tidak bisa menyusui karena kesibukan maupun karena alasan medis? wahh ..... repot juga kalau kita disuruh menghormati sapi ya.....
enggak maksudnya Ibu susu adalah Ibu yang merawat kita dikala masih bayi di masa kita belum bisa makan, minum dan lain2.

Wallahu A’lam bishawwab.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Kamus....